oleh

KEMERDEKAAN PERS MERUPAKAN WUJUD KEDAULATAN RAKYAT YANG DIAKUI OLEH KONSTITUSI Oleh : Jumli Kharisman Gulo, S.H (Praktisi Hukum)

KEMERDEKAAN PERS MERUPAKAN WUJUD KEDAULATAN RAKYAT YANG DIAKUI OLEH KONSTITUSI
Oleh : Jumli Kharisman Gulo, S.H
(Praktisi Hukum)
Depok, Mediapatriot.co.id_Dengan berdasarkan ketentuan Pasal 1 Ayat (3) UUD NRI 1945 yang menyebutkan bahwa “Negara Indonesia adalah negara hukum” maka sudah sepatutnya seluruh konsekuensi berkaitan dengan tatanan hidup berbangsa dan bernegara diatur oleh hukum.

Bahwa kemudian dalam merealisasikan hukum tersebut tentu tidak akan berlaku dengan sendirinya, melainkan adanya lembaga-lembaga tertentu yang secara konstitusional memiliki kewenangan kekuasaan dan diakui oleh negara. Hal ini yang kita kenal bahwa adanya lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Ketiga lembaga ini merupakan lembaga negara yang memiliki kewenangan tersendiri serta saling mengawasi satu dengan yang lainnya.

Berita Online Nasional >>>

Dalam negara yang demokratis maka kebebasan secara individu merupakan hak mutlak seorang warga negara, meskipun demikian perlu dipahami bahwa kebebasan seperti dimaksud diatur dan dibatasi oleh konstitusi bahkan kebebasan lembaga negara sekalipun juga diatur dan dibatasi. Hal inilah merupakan ciri khas dari negara hukum yang berasaskan demokrasi.

Bahwa dalam hal mewujudkan tujuan dari negara yang berasaskan demokrasi, negara memberikan kewenangan kepada lembaga-lembaga sosial agar supaya kekuasaan tidak bertumpuk kepada lembaga negara saja hal inilah yang kemudian melahirkan atau terbentuknya suatu lembaga sosial yang bersifat independen serta kedudukan fungsi dan perannya dijamin serta diakui oleh negara.

Salah satu lembaga sosial yang bersifat independen serta merdeka adalah Pers, hal ini dinyatakan dalam ketentuan Pasal 1 Ayat (1) UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers “Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia”.
Lebih lanjut pada Pasal 2 UU No. 40 Thn 1999, menyebutkan “Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum”. Dari ketentuan diatas sebagaimana tertulis secara jelas menyebutkan bahwa Pers adalah lembaga sosial yang merdeka dan “Kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara” (Pasal 4 Ayat (1) UU No. 40 Tahun 1999.

Video Artis Indonesia dan video lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed